Ternak Burung Love Bird Hasil 3 - 5 Juta Sebulan Cocok Untuk Guru

Mungkin Anda pernah melihat atau bahkan sering melihat burung yang satu ini. Yah... nama burung ini adalah Love Bird, orang jawa biasanya bilang "Burung Lakbet".hehe. Burung Love Bird atau disebut dengan burung cinta, memang akhir-akhir ini sedang marak dan terus naik daun. Walaupun terkesan harganya turun dari 5 - 3 Juta/pasang, menjadi 500 - 1 Jt/Pasang, tetapi burung ini tetap menjadi primadona di pasar burung atau di arena kontes kicau mania. Alasanya karena burung ini memiliki kicau yang khas dan sangat eksotis karena memiliki berbagai warna yang indah, sehingga sangat sedap dipandang oleh mata. Belum lagi tingkahnya yang sangat menggemaskan karena setiap hari pacaran meluluh.hehe
Ternak Burung Love Bird Hasil 3 - 5 Juta Sebulan Cocok Untuk Guru

Love Bird = Burung Rezeki


Burung Love Bird berasal dari Afrika, yang masuk ke Indonesia sekitar tahun 90-an dan populer pada tahun 2000-an. Beternak burung ini memang sangat menjanjikan jika sabar dan terus ditekuni. Banyak orang yang sukses dari berternak burung Love Bird dari yang berpenghasilan ratusan ribu sampai ratusan juta juga ada, dan saya tahu sendiri. Berternak burung ini memang tidak banyak menyita waktu, maka dari itu saya rekomendasikan untuk Guru yang pengen fokus ngajar tapi dapet penghasilan tambahan yang lumayan.

Dari berternak love bird ini, Anda bisa jadi PNS gadungan loh, maksudnya Gajinya PNS status Honorer.hehe. Masih belum percaya juga? Nih, saya jelasin. Harga Pasaran Love Bird saat ini yang warna standar (ijo dakori biasa, Palamas, Paskun, Pasbir) untuk anakan umur 2 bulanan 150rb - 200 rb/ekor, dan untuk usia dewasa 8 bulan ke atas sekitar 300 - 500 rb/ekor. Jika Anda punya 10 pasang Love Bird saja, dan 1 Pasangan menghasilkan 2 ekor anakan saja. Maka dalam 1 bulan Anda punya anakan sebanyak 20 ekor x Rp. 150 rb = 3 Juta. Mantap kan. 1 pasang Love Bird biasanya nelor 4-6 butir, jika netasnya lebih dari 2 ekor, ya nambah lagi duitnya. Terus gimana pakanya, tenang untuk 10 pasang Love Bird paling menghabiskan dana 70 rb-an. Murah kok pakanya. Nanti saya jelasin semua. Oh iya, Untuk Anda yang belum ngerti jenis-jenis Love Bird bisa tanya ke Mba Google aja ya.hehe. Oke Lanjut!


Cara Singkat Ternak Burung Love Bird 


Menurut saya Love Bird sangat mudah sekali diternakan, asal sabar saja ya. 


Persiapan Beternak Burung Love Bird

Jika Anda punya uang yang cukup belilah Love Bird indukan yang siap produksi. Jika uangnya tidak cukup boleh beli anakan umur 2 bulanan yang sudah bisa makan sendiri. Jika Anda mau beli Indukan modal awal kurang lebih Rp. 7 Juta untuk burungnya saja, kandangnya kalau mau irit dikoloni alias diumbar dalam 1 kandang besar. Bikin kandang model ini paling menghabiskan dana 1-2 juta-an. Nah kalau Anda gak punya uang, tenang jangan putus asa dulu. Belinya boleh kok dicicil.hehe. Setiap bulan pergi ke pasar burung atau peternak langsung lalu beli dicicil sesuai kemampuan 1 atau 2 burung anakan dulu. sampai mencapai 20 burung atau 10 pasang. Untuk Anda yang modalnya minim, saya sarankan harus sabar banget, butuh waktu 1-2 tahun untuk bisa menghasilkan panen duit dari Love Bird. Tetapi untuk Anda yang punya modal Insya Allah cepet dech.

Langsung bikin dan masukin ke kandang

Untuk Anda yang punya lahan luas di halaman atau belakang rumahnya, saya sarankan bikin kandang koloni alias kandang umbaran jadi satu. 

Ternak Burung Love Bird Hasil 3 - 5 Juta Sebulan Cocok Untuk Guru


Untuk anda yang tidak punya lahan luas, cukup memanfaatkan lahan sempit, kamar atau gudang kosong juga bisa. Caranya bikin kandang batrai.


Langsung bikin dan masukin ke kandang


Penjodohan Burung Love Bird

Jodohkan! Untuk yang sudah beli Indukan, maka tidak usah dijodohkan lagi. kan sudah jodoh. Yang jadi masalah disini adalah yang beli anakan tadi. Gimana cara jodoinya pak? Gampang, taroh burung 10 dalam 1 kandang, karena burungnya 20 jadi 2 kandang ya. Biarkan saja mereka memilih jodohnya sendiri-sendiri. Panatau terus setiap hari ya. Jika ada tanda-tanda selalu beduaan, bercumbu, dan berlanjut ke kawin. Maka pisahkan pasangan itu lalu masukan ke kandang kotak atau koloni jangan lupa ditaroh glodok untuk tempat bertelurnya yah.


Ternak Burung Love Bird Hasil 3 - 5 Juta Sebulan Cocok Untuk Guru


Perawatan Penjodohan Burung Love Bird

Jangan lupa kasih makan dan minum yang cukup. Pakanya tinggal beli di toko pakan burung, tambahin kakngkung di potong-potong untuk vitaminya. Jika love bird sudah sering kawin, tinggal kita siapkan jerami-jerami kecil untuk sarangnya. Taroh saja di kandang nanti burung akan membawanya sendiri ke glodok tempat sarang. Setelah 5-7 hari kawin biasanya Love Bird bertelur 4-6 butir. Jikaa telur lebih dari 6 butir, jangan-jangan love bird nya betina semua, segera pisahkan dan ganti pasangan ya. Telor akan menetas sekitar 21 hari. Jika sudah menetas jangan lupa dikasih jagung manis yang mentah buat asupan nutrisi bayi Love Bird biar cepet gede maksudnya.hehe

Walaupun banyak diantara peternak yang mengambil anakan pada umur 7 harian, lalu dispet dengan alat suntikan untuk ngasih makanya. Memang lebih cepat produksinya. Tetapi untuk pemula dan Guru khususnya saya sarankan jangan diambil, biarkan saja indukan yang merawatnya sampai dewasa dan bisa makan sendiri. Praktis kan? Pada umur 2 bulan Love Bird sudah bisa makan sendiri dan siap dijual. Panen Duit nih. Oh iya untuk Anda yang ingin hasil maksimal saya sarankan juga ternaknya diperbanyak. Untuk hasil 3 jutaan/bulanya minimal ternaknya 20-25 jodoh ya. 

Ok. Selamat Mencoba! Semoga membantu para Guru. 


1 Response to "Ternak Burung Love Bird Hasil 3 - 5 Juta Sebulan Cocok Untuk Guru"

  1. Ijin mampir di blog sahabat yang keren ini...

    sharing seputar artikel burungnya sangat bermanfaat, terus update informasi terbaru ya...

    jangan lupa kunjungi juga blogku: lovebird blorok

    ReplyDelete